cover
Contact Name
Theodorus Pangalila
Contact Email
theopangalila@unima.ac.id
Phone
+6281320593135
Journal Mail Official
theopangalila@unima.ac.id
Editorial Address
Jln. Kampus Unima Tondano Sulawesi Utara
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
JURNAL CIVIC EDUCATION: MEDIA KAJIAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
ISSN : 25991833     EISSN : 26213567     DOI : https://doi.org/10.36412/ce.v2i1.430
Core Subject : Education, Social,
Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Manado. Jurnal diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini mempublikasikan Karya Ilmiah/Hasil penelitian di bidang Pancasila dan Kewarganegaraan.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2020)" : 8 Documents clear
Keterlibatan warga negara dalam pembangunan berkelanjutan melalui program desmigratif Zakaria, Fahmi Arif; Widijatmoko, Engelbertus Kukuh; Ladamay, Iskandar; Petu, Viktor Kota
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.59 KB) | DOI: 10.36412/ce.v4i1.1872

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterlibatan warga negara dalam pembangunan berkelanjutan melalui program desmigratif. Bentuk penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data dalam bentuk koding, kategori dan tema. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian keterlibatan warga Negara dalam pembangunan berkelanjutan dilaksanakan oleh kelompok tani dalam pengelolaan hasil alam kemiri melalui program desmigratif, yang merupakan salah satu pilar dari keempat pilar Desmigratif. Keterlibatan warga negara dalam pembangunan berkelanjutan yaitu pengembangan usaha produktif serta kreatifitas dalam pengelolaan kemiri menjadi minyak kemiri. Semua kegiatan ini dilaksanakan secara terorganisir dalam pelaksanaan pengelolaan hasil alam kemiri melalaui program Desmigratif
Perkembangan pendapatan asli desa sebelum dan setelah adanya dana desa di Kecamatan Remboken Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara Pangerapan, Stenly F.
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.728 KB) | DOI: 10.36412/ce.v4i1.1873

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis serta menemukan konsep Implementasi Kebijakan Dana Desa yang tepat di Kecamatan Remboken Kabupaten Minahasa pada umumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi pustaka. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kecamatan Remboken (4 desa) Kabupaten Minahasa yaitu fokus pada 3 tahun sebelum dan 3 tahun setelah implementasi kebijakan dana desa. Untuk memperoleh data penelitian dimaksud peneliti menetapkan dan memilih sumber data yang berasal dari delapan orang yaitu terdiri dari 1 orang camat, 4 orang Hukum Tua (sebutan Kades di Minahasa), 1 orang dari Dinas Pemdes Kab. Minahasa dan 4 orang masyarakat di desa setempat. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan yaitu bahwa perkembangan Pendapatan Asli Desa (PADes) sebelum dan setelah adanya Dana Desa (DD) melalui suatu analisis implementasi kebijakan dana desa di Kecamatan Remboken Kabupaten Minahasa tersebut yang sudah berjalan dalam empat tahun terakhir ini yaitu sejak 2016 sampai 2019 tidak berjalan dengan baik sektor capaian Pendapatan Asli Desa (PADes). Penelitan ini merekomendasikn penelitian lanjut tentang pengaruh kebijakan dana desa terhadap perkembangan ekonomi masyarakat.
Demokrasi pendidikan: menolak UU pelarangan ganja RI dalam pembelajaran Nufus, Achmad Busrotun; Wulandary, Roro Merry Chornelia; Wahyuda, Rizki
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.659 KB) | DOI: 10.36412/ce.v4i1.1869

Abstract

Pasal 4 di UU NRI No 20 tahun 2003 pada ayat 1 disebutkan bahwa pendidikan itu diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan tetap menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM), nilai keagamaan, nilai kultural (budaya), dan kemajemukan bangsa artinya bahwa Pendidikan diharapkan mampu melahirkan manusia yang demokratis dengan cara melaksanakan nilai-nilai demokrasi dalam aktivitas dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan. Penelitian menunjukkan bagaimana penyampaian gagasan dan minat peserta didik dalam aktivitas pembelajaran ketika topik yang dihadirkan membahas tentang Konstitusi Indonesia terkait dengan larangan ganja dalam UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan Kualitatif deskriptif, dimana data yang diperoleh dan dikumpulkan itu berbentuk deskripsi
Peran guru PKn dalam menanamkan karakter cinta tanah air pada siswa di SMP Negeri 6 Kotamobagu Mamonto, Pratiwi Wulandari; Pasandaran, Sjamsi; Pangalila, Theodorus
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.285 KB) | DOI: 10.36412/ce.v4i1.1874

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana peran guru PKn dan hambatan yang dihadapi dalam Menanamkan Karakter Cinta Tanah Air Pada Siswa di SMP Negeri 6 Kotamobagu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, guru dan orang tua. Adapun penelitian ini menemukanbahwa peran guru PKn dalam menanamkan karakter cinta tanah air pada siswa di SMP N 6 Kotamobagu sanggat penting dimana, dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru juga dapat membentuk siswa berperilaku baik, berahak mulia, membuat siswa berkarakter yang baik. Serta dapat membimbing siswa mencintai tanah air melalui upacara bendera, kegiatan ekstra kulikuler. Penelitian ini merekomendasikan penelitian lanjut tentang pengembangan pembelajaran PKn berbasis nilai karakter.
Konstruk Persepsi dan Transformasi Anak Didik Pemasyarakatan dalam Program Pendidikan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas IIB Tomohon Simbar, Novhendra Christian; Umaternate, Abdul Rasyid; Kerebungu, Ferdinand
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.394 KB) | DOI: 10.36412/ce.v4i1.1870

Abstract

Tujuan dari penelitian ini pertama-tama untuk mendeskripsikan konstruk persepsi yang dibangun oleh Anak Didik Pemasyarakatan (ADP) mengenai program pendidikan di LPKA; dan kemudian untuk menjelaskan transformasi anak-anak itu berkenaan dengan keikutsertaan mereka dalam program tersebut selama menjalani masa pidana. Penelitian kualitatif ini didasarkan terutama pada konstruktivisme-sosiologis. Pengumpulan data primer mengandalkan teknik in-depth interview. Data yang terkumpul dianalisis menurut setiap fokus atau domain pada sebuah skema taksonomik, melalui pendekatan interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa konstruk persepsi ADP mengenai program pendidikan sering terkait erat dengan kesan mereka tentang LPKA, yang secara umum dipahami sebagai ‘penjara’. Kurangnya dasar kontekstual dalam treatment pendidikan, dan ketiadaan significant others di lembaga tersebut, menghambat pemahaman narapidana tentang tujuan akhir dari pendidikan berbasis pemasyarakatan. Pengalaman ini mempengaruhi taraf konformitas mereka pada aktivitas belajar dalam batas tertentu. Hal tersebut juga menjelaskan mengapa cukup sulit bagi ADP entah untuk mempertahankan upaya yang konsisten dalam resosialisasi, ataupun untuk mencapai suatu transformasi pada taraf yang lebih tinggi.
Upaya guru PKn dalam membentuk karakter religius siswa SMA Negeri 1 Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Tiba, Andri; Pangalila, Theodorus; Umar, Mardan
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.141 KB) | DOI: 10.36412/ce.v4i1.1875

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya guru PKn dalam pembentukan karakter religius siswa SMA N 1 Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Penelitian ini ditujukan kepada Guru PKn dan siswa SMA N 1 Kotabunan. Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari guru PKn yang melihat dan menangani masalah pembentukan karakter religius siswa SMA N 1 Kotabunan. Di samping data primer dikumpulkan data sekunder segala sumber informasi yang dapat menunjang data primer. Data sekunder masih bersifat umum dan masih berhubungan dengan fenomena yang diteliti. Data sekunder antara lain tentang data sekolah, keadaan sekolah, jumlah guru dan pegawai/karyawan, sarana dan prasarana di sekolah. Data ini melalui wakil kepala sekolah dan sumber data yang ada di sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Peneliti dapat menyimpulkan beberapa hal yaitu: (1). Guru PKn sudah mengupayakan proses pembentukkan karakter religius siswa tapi belum maksimal. (2). Guru PKn mengalami kendala dalam pelaksanaan pembentukan karakter religius pada siswa. (3). Guru PKn belum mampu membentuk karakter religius siswa sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Penelitian ini merekomendasi penelitian lanjut tentang nilai-nilai religious yang mempengaruhi perkembangan siswa..
Pendidikan kepramukaan untuk penanaman nilai-nilai Pancasila di SMP Budi Mulia Pakisaji Kabupaten Malang Iswahyudi, Didik; Akbar, Mochammad Ramli
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.638 KB) | DOI: 10.36412/ce.v4i1.1871

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan secara deskriptif tentang rancangan, proses, dan esensi penanaman nilai-nilai Pancasila pada pendidikan Pramuka dengan subyek sebanyak 150 murid dan 3 pembina Pramuka di SMP Budi Mulia Kabupaten Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan model studi deskriptif. Analisis dan editing data menggunakan metode Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rancangan untuk program pendidikan Pramuka untuk menanamkan nilai Pancasila, membutuhkan adaptasi yang kompleks terutama untuk harmonisasi dengan kurikulum pendidikan yang sedang berjalan. (2) Pelaksanaan program pramuka pada aspek pengabdian dan pengamalan nilai gotong royong di masyarakat, masih membutuhkan pendampingan yang kuat untuk praktek dan aplikasi di masyarakat, mengingat peserta Pramuka yang masih duduk di bangku SMP. (3) Secara esensi penanaman nilai Pancasila di Pramuka, sesuai dengan pembangunan karakter dan kepribadian untuk anggota Pramuka, sehingga mampu mempererat dan memperkuat edukasi yang ada di SMP Budi Mulia Kabupaten Malang. Kendala dan pola penyelesaian permasalahan masih bersifat internal dan belum menyentuh problem solving secara sistematis dan komprehensif
Penerapan model Project Citizen untuk peningkatkan pengetahuan dan sikap anti korupsi mahasiswa Rube’i, M. Anwar; ., Rohani .
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.998 KB) | DOI: 10.36412/ce.v4i1.1876

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model project citizen dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap anti korupsi mahasiswa mahasiswa program studi pada Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan IKIP-PGRI Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester IV program Studi PPKn IKIPPGRI Pontianak dengan jumlah 30 orang. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, soal tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran project citizen dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap antikorupsi mahasiswa Prodi PPKn IKIP-PGRI Pontianak. Peningkatan pengetahuan dan sikap antikorupsi mahasiswa tampak pada kualitas proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh keaktifan dan antusias mahasiswa ketika melakukan diskusi, kerja kelompok, menemukan masalah, mengumpulkan informasi, membuat t

Page 1 of 1 | Total Record : 8